0812 9780 4500
 



Manfaat Daun Pepaya

 Manfaat Daun Pepaya

Pepaya adalah buah yang sudah lumrah dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Buahnya yang merah dan manis adalah daya tariknya. Beda dengan daun pepaya yang pahit namun ternyata dengan manfaat yang beragam. Tentu kita tidak akan lupa betapa pahit daun pepaya yang kita konsumsi. Inilah yang menyebabkan kebanyakan orang lebih suka mengonsumsi buahnya saja. Padahal, buah yang bernama latin Carica Pepaya ini memiliki banyak manfaat.

Manfaat ini bisa ada karena banyaknya kandungan senyawa yang dimiliki pepaya. Beberapa senyawa itu adalah: vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, vitamin E, kalsium, lemak, fosfor, hidrat arang, protein, dan air. Beragam senyawa ini menyebabkan pepaya bisa menyembuhkan banyak penyakit dan juga memiliki manfaat yang tidak tanggung-tanggung.

manfaat daun pepaya ini:

6

 

Manfaat Daun Pepaya Bagi Kesehatan

Apa saja manfaat daun pepaya hingga banyak orang memburunya? Berikut akan saya jelaskan mengenai manfaat daun pepaya bagi kesehatan manusia.

Melancarkan buang air besar

Manfaat yang pertama adalah sebagai sayuran yang mampu memperlancar buang air besar. Daun pepaya merupakan salah satu jenis dedaunan yang kaya akan kandungan karpain. Karpain inilah yang kemudian akan membunuh semua mikroorganisme dalam sistem pencernaan yang dianggapnya sebagai parasit di dalam perut. Dengan begitu, sistem pencernaan manusia akan menjadi lebih baik dan terhindar dari diare maupun sembelit.

Mencegah demam berdarah

Khasiat daun pepaya yang berikutnya adalah sebagai pencegah demam berdarah. Anda dapat melakukan usaha ini dengan cara rutin meminum air rebusan daun pepaya. Agar anda merasa nyaman saat meminumnya, tambahkan sedikit pemanis seperti madu. Dengan mengkonsumsi ramuan ini, anda akan meminimalisir terjadinya demam berdarah sehingga hidup anda akan lebih terjamin kesehatannya.

Menghilangkan nyeri haid

Manfaat yang berikutnya adalah sebagai penghilang rasa nyeri haid. Cara mendapatkan manfaat ini adalah dengan cara merebus satu lembar daun pepaya bersama garam dan asam jawa. Setelah mendidih, diamkan hingga gangat kemudian minulah. Meminum ramuan ini dalam keadaan hangat akan mempercepat reaksinya dalam perut sehingga rasa nyeri akan segera dapat diatasi. Selain itu, daun pepaya juga bermanfaat sebagai obat anti kanker. Hal tersebut dikarenakan dalam daun pepaya terdapat getah yang mampu mencegah dan menghambat pertumbuhan sel kanker. Getah tersebut akan tercampur pada segala olahan yang berbahan dasar daun pepaya. Jadi, anda tidak perlu untuk meminum getah tersebut secara langsung.

Mengobati masuk angin

Khasiat daun pepaya yang berikutnya adalah sebagai obat masuk angin. Kandungan berbagai zat bermanfaat dalam daun pepaya mampu menghilangkan penyakit masuk angin. Cara memanfaatkan daun pepaya sebagai obat masuk angin adalah dengan cara meminum air rebusan daun pepaya dan daun sembung, jinten, sereh, jahe dan gula jawa. Jangan lupa menyaringnya terlebih dahulu sebelum diminum. Untuk hasil yang maksimal, minumlah dalam keadaan hangat.

Mencegah dan mengobati diabetes

Manfaat pepaya berikutnya adalah sebagai obat anti diabetes. Daun pepaya mengandung senyawa yang mampu mengendalikan kadar gula dalam darah sehingga keadaannya akan tetap stabil. Meski dapat mengontrol gula darah, namun anda juga harus mengimbanginya dengan cara tetap menjaga makanan yang anda konsumsi. Jadi, semua harus dapat berjalan secara beriringan.